niningm06's blog
mencari dan memberi yang terbaik

Soto Pak Rohim

July 15th 2010 in food


Mampir ke Warung Soto Pak Rohim
Foto: wln/detikfood

Jakarta – Soto daging ini mengepul hangat dengan aroma gurih kaldu yang menggoda. Potongan dagingnya cukup royal, cincangan kol dan daun bawang ini membuat aromanya makin gurih. Dihirup hangat mengepul saat udara malam terasa dingin, slrupp..sedap benar!

Warung tenda Pak Rohim ini sangat sederhana. Meskipun begitu, tak sedikit pengunjung yang bolak balik datang mengunjungi warung tenda ini. Beberapa kali melintasi jalan Mekarsari, Cimanggis warung sederhana ini terlihat tak pernah sepi. Rasa penasaran pun menarik saya memasuki warung yang hanya buka malam hari saja.

Pak Rohim, pria separuh baya yang langsung melayani saya. Menu pilihannya tidak terlalu banyak, diantaranya soto daging, soto babat, soto sulung, nasi uduk, ayam goreng, dan juga ayam bakar. Sayangnya, saat saya ingin menikmati kembali soto sulung saya tengah kurang beruntung. Soto sulung nya sudah habis.

Sebagai gantinya saya memilih soto daging dan juga ayam bakar plus nasi uduk. Kalau dilihat-lihat, ayam bakar nya mirip dengan ayam bakar Klaten. Meskipun si empunya tidak menambahkan embel-embel ‘Klaten’ di belakang nya. Tapi saya cukup yakin dengan dugaan saya.

Pasalnya, ayam yang akan dibakar ini dilumuri bumbu berwarna kecokelatan. Rasanya gurih-gurih manis seperti tertinggal jejak gurih santan namun tidak terlalu dominan. Daging ayamnya empuk, rasanya enak dan pas bumbunya menyerap hingga ke bagian dalam.

Disantap bersama dengan nasi uduknya cukup pas buat saya. Hanya satu yang kurang buat saya, sambal yang diracik kurang begitu nendang! Bukan soal kurang pedas, hanya saja agak sedikit kebanyakan terasi. Uniknya, kalau kita memesan ayam bakar plus nasi uduk, akan diberikan tambahan berupa sambal goreng kentang, bihun goreng, dan juga kering tempe.

Tapi kalau tidak suka, boleh memesan nasi uduknya saja. Soto daging yang saya pesan ternyata porsinya cukup besar, warna kuahnya kuning kecokelatan dengan aroma gurih kaldu yang cukup kuat. Potongan dagingnya cukup banyak bercampur dengan dengan sedikit tetelan.

Selain daging, irisan kol, tomat, daun bawang, dan emping melengkapi sajian soto ini. Rasanya gurih enak, kaldunya cukup terasa. Jangan sampai lupa untu menambahkan kucuran jeruk nipis dan sedikit sambal agar rasanya makin enak. Yang saya sayangkan, di bagian permukaan kuahnya tertinggal jejak berminyak. Mungkin minyak ini yang keluar dari tetelan yang digunakan. Tapi tetap enak dan tidak bikin eneg.

Satu porsi soto daging ini dihargai cukup murah, hanya Rp 10.000,00 saja sedangkan ayam bakar plus nasi uduk dihargai Rp 13.000,00. Kalau Anda tengah melintas di Jl. Raya Bogor, coba saja mampir saja ke warung tenda Pak Rohim ini.

Warung Ayam Bakar Pak Rohim
Jl.Raya Bogor, Mekar Sari
Pintu Gerbang Mekar Sari
Telp: 021-872 1632 (Terima Pesanan)


Comments are closed.

Paul Si Gurita peramal memang menjadi fenomena menarik di Piala Dunia 2010 ini. Pada partai final, Spanyol kontra Belanda, Paul telah menentukan pilihan jika Spanyol akan menaklukkan Belanda.

Paul selalu tepat memprediksikan laju Jerman di Afrika Selatan. Gurita ini pula yang menentukan jika langkah Der Panzer terhenti di tangan Spanyol. Melihat catatan ramalan Paul, tentu pendukung [...]

Previous Entry

Leonardo da Vinci melukis ‘Mona Lisa Smile’ selama empat tahun sejak 1502.

Lukisan Monalisa (www.sgallery.net)

VIVAnews – Siapa yang tak terpesona dengan lukisan ‘Mona Lisa Smile’? Sejumlah ilmuwan seni asal Prancis berhasil memecahkan sejumlah rahasia di balik pesona karya legendaris Leonardo da Vinci itu.

Para pakar dari Pusat Penelitian dan Restorasi Museum Prancis [...]

Next Entry

Recent Comments
  • No comments