niningm06's blog
mencari dan memberi yang terbaik

Gerhana Matahari Akan Terlihat di Pasifik

July 10th 2010 in news
Gerhana matahari total akan terlihat jelas di perairan terbuka Pasifik Selatan
Sabtu, 10 Juli 2010, 14:50 WIB
Renne R.A Kawilarang

Gerhana matahari diperkirakan berlangsung pada hari Minggu, 11 Juli 2010. Namun, kejadian langka itu hanya disaksikan sekilas di wilayah-wilayah tertentu di Bumi belahan selatan.

Pemandangan itu dimulai saat matahari terbit di suatu lokasi yang berjarak 1.200 mil dari lepas pantai bagian timur laut Selandia Baru. Kemudian bayangan bulan akan terlihat di kawasan Pasifik Selatan. Selama beberapa menit, langit akan menjadi gelap di atas Kepulauan Cook, Pulau Easter, dan wilayah-wilayah tertenti di selatan Chili dan Argentina.

Gerhana matahari total akan terlihat jelas di perairan terbuka Pasifik Selatan, diperkirakan selama 5 menit dan 20 detik.

Astronom dari Willimas College, Jay Pasachoff, beserta para mahasiswanya telah bertolak menuju Pulau Easter untuk menjadi saksi gerhana matahari. Sebelumnya, Pasachoff sudah 50 kali menyaksikan peristiwa itu.

“Saya sedih bahwa hanya sedikit orang yang akan mampu melihat gerhana tahun ini karena pemandangan itu tidak tampak di kota-kota besar,” kata Pasachoff.

Gerhana terjadi saat bulan mengorbit ke posisi antara matahari dan Bumi. Pandangan ke matahari dari Bumi jadi terhalang bulan sehingga membentuk suatu sinar berbentuk cincin raksasa. (Associated Press)

sumber:viva news.com


You must be logged in to post a comment.

Paul Si Gurita peramal memang menjadi fenomena menarik di Piala Dunia 2010 ini. Pada partai final, Spanyol kontra Belanda, Paul telah menentukan pilihan jika Spanyol akan menaklukkan Belanda.

Paul selalu tepat memprediksikan laju Jerman di Afrika Selatan. Gurita ini pula yang menentukan jika langkah Der Panzer terhenti di tangan Spanyol. Melihat catatan ramalan Paul, tentu pendukung [...]

Next Entry

Recent Comments
  • No comments